25 Karakter Pengusaha Sukses
Terlepas dari definisi
keberhasilan Anda, ada sejumlah besar karakteristik umum yang dimiliki oleh wirausahawan atau pengusaha sukses. Anda dapat membuat
ceklist disetiap karakteristik yang Anda merasa
memilikinya. Dengan cara ini, Anda dapat
memupuknya. Dan kalaupun tidak memiliki semua karakteristik tersebut, jangan
khawatir. Soalnya Anda bisa mempraktekannya langsung dengan mengembangkan sikap
sebagai seorang pemenang, ketika Anda sudah menetapkan tujuan melalui
perencanaan strategis, melalui tahapan yang terukur.
1. Lakukan apa yang Anda nikmati. Apa yang Anda dapatkan dari bisnis
Anda, baik itu kepuasan pribadi, keuntungan finansial, stabilitas dan
kenikmatan menikmati hasil dalam bisnis. Jika tidak menikmati apa yang
Anda lakukan, kemungkinan besar itu aman untuk mengasumsikan bahwa akan
tercermin keberhasilan bisnis atau tidak memiliki keberhasilan dalam tahap
berikutnya. Bahkan, jika Anda tidak menikmati apa yang Anda lakukan,
kemungkinan Anda tidak akan berhasil sama sekali.
2. Ambil
apa yang Anda lakukan secara serius. Anda
tidak bisa berharap menjadi efektif dan sukses dalam bisnis, kecuali Anda
benar-benar percaya dalam bisnis, ada barang dan jasa yang Anda
jual. Pemilik rumah dalam bisnisnya, banyak yang mengalami kegagalan, dan semakin
mudah teralihkan untuk bisa tetap termotivasi. Mereka juga menjadi korban penentang
yang tidak serius karena, tidak bekerja dalam sebuah bangunan kantor, office
park, toko, atau pabrik. Padahal, sebetulnya banyak orang yang bekerja dari rumah, dan membuat
pendapatan tahunan yang sangat baik, telah berkembang dengan pesat dalam
beberapa tahun terakhir.
3. Rencana
segalanya. Perencanaan
setiap aspek bisnis rumahan, bukanlah suatu
keharusan, tapi setiap pemilik bisnis rumahan harus terbiasa juga membangun
kebiasaan untuk mengembangkan, menerapkan, dan memeliharanya. Tindakan
perencanaan bisnis sangat penting, karena mengharuskan Anda untuk menganalisa
setiap situasi bisnis, penelitian dan kompilasi data, serta membuat kesimpulan fakta-fakta
yang terungkap melalui penelitian. Perencanaan bisnis juga melayani fungsi,
agar Anda memiliki cara mencapai tujuan Anda yang sudah dituliskan diatas
kertas. Anda dapat menggunakan rencana dari titik A sampai Z, sebagai tolok
ukur untuk mengukur keberhasilan rencana bisnis.
4. Mengelola
uang dengan bijaksana.
Darah kehidupan dari setiap bisnis adalah arus kas. Anda membutuhkan itu
untuk membeli persediaan, membayar jasa, mempromosikan dan memasarkan bisnis.
Juga untuk memperbaiki dan mengganti peralatan dan perlengkapan, dan membayar
diri Anda sehingga Anda dapat terus bekerja. Oleh karena itu, pemilik bisnis
rumahan harus menjadi manajer keuangan dan bijaksana untuk memastikan bahwa
uang terus mengalir dan tagihan dibayar.
5. Meminta
penjualan. Seorang
pengusaha bisnis rumahan, harus selalu ingat bahwa pemasaran, iklan, atau
kegiatan promosi yang benar-benar berharga—terlepas dari seberapa pintar,
mahal, atau sempurna—adalah hal-hal sederhana untuk mencapai penjualan. Ini
bukan untuk mengatakan bahwa menjadi penjual yang hebat, iklan copywriting
jagoan atau spesialis PR bukanlah aset berharga bagi bisnis Anda. Namun, semua
keterampilan akan sia-sia jika Anda tidak aktif meminta orang untuk membeli apa
yang Anda jual.
6. Ingat
itu semua tentang pelanggan. Bisnis
rumah Anda bukanlah tentang produk atau jasa yang Anda jual. Bisnis rumah
Anda, bukan tentang harga yang Anda ditetapkan untuk barang dan
jasa. Bisnis rumah Anda bukan tentang persaingan dan bagaimana mengalahkan
mereka. Bisnis Anda adalah semua tentang pelanggan Anda. Pelanggan Andalah,
orang-orang yang akan memutuskan apakah bisnis Anda berjalan booming sebaliknya.
Segala sesuatu yang Anda lakukan dalam bisnis harus fokus terhadap pelanggan,
termasuk kebijakan Anda, jaminan, opsi pembayaran, jam operasi, presentasi,
iklan dan kampanye promosi dan website.
7. Menjadi
self-promotor. Salah
satu mitos terbesar tentang kesuksesan pribadi atau bisnis adalah, pada
akhirnya bisnis Anda adalah kemampuan personal, produk atau jasa yang bisa
dengan mudah ditemukan oleh orang banyak dan membuka pintu untuk membeli apa
yang Anda jual. Nah, bagaimana ini semua bisa terjadi apabila, mereka tidak
mengetahui siapa Anda dan mengapa mereka harus membeli? Promosi diri adalah
salah satu yang paling menguntungkan. Namun, hal ini paling kurang dimanfaatkan
oleh sebagian besar pemilik bisnis rumahan miliki.
8. Memproyeksikan
citra bisnis yang positif. Mungkin Anda lewatkan, sebuah kesan positif dan mengesankan terhadap
orang-orang yang berniat untuk melakukan bisnis. Pemilik bisnis rumahan, harus
pergi keluar dan membuat upaya sadar untuk selalu memproyeksikan citra bisnis seprofesional
mungkin. Sebagian besar pemilik bisnis rumahan, tidak memiliki keuntungan
dari kantor rumit atau toko mewah dan ruang pamer bagi pelanggan. Sebaliknya, itu bisa
dioptimalkan dengan imajinasi, kreativitas dan perhatian detail saat membuat
dan memelihara citra profesional untuk bisnis rumahan mereka.
9. Kenali
pelanggan Anda. Salah
satu hal terbesar dan merupakan daya saing yang paling signifikan bagi pengusaha
berbasis rumah, adalah menawarkan
perhatian pribadi. Sebut saja teknologi tinggi reaksi jika Anda mau.
Tetapi pelanggan akan sakit dan lelah mendengar
informasi tersebut. Pemilik bisnis rumahan harus benar-benar dapat
menjawab panggilan telepon untuk mengenal pelanggan dan memberikan perhatian
pribadi kepada mereka. Ini adalah fakta yang diteliti sebagian besar bisnis (80
persen) datang dari pelanggan tetap bukan dari pelanggan baru.
10. Tingkat
lapangan bermain dengan teknologi.
Anda harus menghindari terlalu terperangkap dengan teknologi tinggi. Tetapi Anda juga harus tahu bagaimana bisa mengambil keuntungan dan menggunakan teknologi internet misalkan. Salah satu aspek yang paling menakjubkan dari internet adalah, bahwa satu atau dua orang bisnis dengan memiliki website, bisa unggul $ 50 juta dibandingkan dengan yang tidak memanfaatkan teknologi. Pastikan Anda, menjaga dunia teknologi tinggi karena dapat membantu Anda dan lebih mengesankan.
Anda harus menghindari terlalu terperangkap dengan teknologi tinggi. Tetapi Anda juga harus tahu bagaimana bisa mengambil keuntungan dan menggunakan teknologi internet misalkan. Salah satu aspek yang paling menakjubkan dari internet adalah, bahwa satu atau dua orang bisnis dengan memiliki website, bisa unggul $ 50 juta dibandingkan dengan yang tidak memanfaatkan teknologi. Pastikan Anda, menjaga dunia teknologi tinggi karena dapat membantu Anda dan lebih mengesankan.
11. Membangun
tim bisnis terkemuka.
Tidak ada satu orang dapat membangun bisnis yang sukses saja tanpa membutuhkan
sebuah tim. Tim bisnis Anda mungkin termasuk anggota keluarga, teman, pemasok,
aliansi bisnis, karyawan, sub-kontraktor, asosiasi industri dan bisnis,
pemerintah daerah dan masyarakat. Tentu saja anggota tim yang paling
penting akan menjadi pelanggan atau klien.
12. Menjadi
dikenal sebagai seorang ahli. Bila
Anda memiliki masalah yang perlu diselesaikan, maka harus mencari seorang ahli
di lapangan untuk membantu memecahkan masalah tersebut, sehingga memperoleh informasi
dan bantuan yang paling akurat. Untuk itu, Anda tentu mencari seorang ahli
untuk membantu memecahkan masalah tersebut. Begitupun dengan Anda, semakin
dikenal memiliki keahlian Anda dalam bisnis Anda, maka akan semakin banyak juga
orang akan mencari Anda, baik itu keahlian Anda menciptakan lebih banyak
penjualan dan peluang referral. Makanya tidak usah aneh, menjadi dikenal
sebagai ahli, adalah prospek untuk bisnis baru. Akhirnya
13. Menciptakan
keunggulan kompetitif. Sebuah
bisnis rumahan harus memiliki proposisi penjualan yang unik. Ini tidak
lebih dari cara mewah untuk menanyakan pertanyaan penting, "Mengapa akan
orang memilih untuk melakukan bisnis dengan Anda atau membeli produk dan jasa
Anda, bukan melakukan bisnis dengan pesaing dan membeli produk mereka?"
Dengan kata lain, apa salah satu aspek atau kombinasi aspek yang bisa memisahkan bisnis Anda dari pesaing? Apakah
itu, layanan yang lebih baik, garansi lebih lama, pilihan yang lebih baik, jam
kerja lebih lama, pilihan pembayaran yang lebih fleksibel, harga terendah,
layanan pribadi dan lain sebagainya.
14. Berinvestasi
dalam diri Anda sendiri. Pengusaha
dengan membeli, dan membaca bisnis melalui blog,
majalah, laporan, jurnal, newsletter, dan lain sebagainya, akan meningkatkan
pemahaman mereka tentang fungsi bisnis dan pemasaran yang Anda tawarkan. Mereka
bergabung dengan asosiasi bisnis dan klub dan jaringan dan mereka jaringan yang
bisa belajar rahasia sukses dan membantu
menentukan tujuan mereka. Singkatnya, pengusaha tidak pernah berhenti
berinvestasi dalam bisnis yang paling kuat, efektif dan terbaik.
15.
Mudah dan Dapat diakses. Anda harus melihat pola yang berkembang
bahwa membuat semudah mungkin bagi orang untuk melakukan bisnis dengan Anda.
Anda harus tetap menyadari kenyataan, bahwa beberapa orang hanya bekerja keras.
Mudahkanlah orang lain untuk melakukan bisnis dengan Anda dengan mudahnya akses
untuk mengetahui, produk, testimoni, cara bisnis dan hal-hal lain yang
menyangkut pengetahuan tentang produk dan jasa. Anda harus mampu
menyediakan pelanggan dengan apa yang mereka inginkan ketika mereka
menginginkannya.