25 Karakter Pengusaha Sukses


Terlepas dari definisi keberhasilan Anda, ada sejumlah besar karakteristik umum yang dimiliki oleh wirausahawan atau pengusaha sukses. Anda dapat membuat  ceklist  disetiap karakteristik yang Anda merasa memilikinya.  Dengan cara ini, Anda dapat memupuknya. Dan kalaupun tidak memiliki semua karakteristik tersebut, jangan khawatir. Soalnya Anda bisa mempraktekannya langsung dengan mengembangkan sikap sebagai seorang pemenang, ketika Anda sudah menetapkan tujuan melalui perencanaan strategis, melalui tahapan yang terukur.

1.       Lakukan apa yang Anda nikmati. Apa yang Anda dapatkan dari bisnis Anda, baik itu kepuasan pribadi, keuntungan finansial, stabilitas dan kenikmatan menikmati hasil dalam bisnis. Jika tidak menikmati apa yang Anda lakukan, kemungkinan besar itu aman untuk mengasumsikan bahwa akan tercermin keberhasilan bisnis atau tidak memiliki keberhasilan dalam tahap berikutnya. Bahkan, jika Anda tidak menikmati apa yang Anda lakukan, kemungkinan Anda tidak akan berhasil sama sekali.

2.      Ambil apa yang Anda lakukan secara serius. Anda tidak bisa berharap menjadi efektif dan sukses dalam bisnis, kecuali Anda benar-benar percaya dalam bisnis, ada barang dan jasa yang Anda jual. Pemilik rumah dalam bisnisnya, banyak yang mengalami kegagalan, dan semakin mudah teralihkan untuk bisa tetap termotivasi. Mereka juga menjadi korban penentang yang tidak serius karena, tidak bekerja dalam sebuah bangunan kantor, office park, toko, atau pabrik. Padahal, sebetulnya banyak orang yang bekerja dari rumah, dan membuat pendapatan tahunan yang sangat baik, telah berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir. 

3.        Rencana segalanya. Perencanaan setiap aspek bisnis rumahan,  bukanlah suatu keharusan, tapi setiap pemilik bisnis rumahan harus terbiasa juga membangun kebiasaan untuk mengembangkan, menerapkan, dan memeliharanya. Tindakan perencanaan bisnis sangat penting, karena mengharuskan Anda untuk menganalisa setiap situasi bisnis, penelitian dan kompilasi data, serta membuat kesimpulan fakta-fakta yang terungkap melalui penelitian. Perencanaan bisnis juga melayani fungsi, agar Anda memiliki cara mencapai tujuan Anda yang sudah dituliskan diatas kertas. Anda dapat menggunakan rencana dari titik A sampai Z, sebagai tolok ukur untuk mengukur keberhasilan rencana bisnis.

4.      Mengelola uang dengan bijaksana. Darah kehidupan dari setiap bisnis adalah arus kas. Anda membutuhkan itu untuk membeli persediaan, membayar jasa, mempromosikan dan memasarkan bisnis. Juga untuk memperbaiki dan mengganti peralatan dan perlengkapan, dan membayar diri Anda sehingga Anda dapat terus bekerja. Oleh karena itu, pemilik bisnis rumahan harus menjadi manajer keuangan dan bijaksana untuk memastikan bahwa uang terus mengalir dan tagihan dibayar.

5.      Meminta penjualan. Seorang pengusaha bisnis rumahan, harus selalu ingat bahwa pemasaran, iklan, atau kegiatan promosi yang benar-benar berharga—terlepas dari seberapa pintar, mahal, atau sempurna—adalah hal-hal sederhana untuk mencapai penjualan. Ini bukan untuk mengatakan bahwa menjadi penjual yang hebat, iklan copywriting jagoan atau spesialis PR bukanlah aset berharga bagi bisnis Anda. Namun, semua keterampilan akan sia-sia jika Anda tidak aktif meminta orang untuk membeli apa yang Anda jual.

6.      Ingat itu semua tentang pelanggan. Bisnis rumah Anda bukanlah tentang produk atau jasa yang Anda jual. Bisnis rumah Anda, bukan tentang harga yang Anda ditetapkan untuk barang dan jasa. Bisnis rumah Anda bukan tentang persaingan dan bagaimana mengalahkan mereka. Bisnis Anda adalah semua tentang pelanggan Anda. Pelanggan Andalah, orang-orang yang akan memutuskan apakah bisnis Anda berjalan booming sebaliknya. Segala sesuatu yang Anda lakukan dalam bisnis harus fokus terhadap pelanggan, termasuk kebijakan Anda, jaminan, opsi pembayaran, jam operasi, presentasi, iklan dan kampanye promosi dan website.

7.       Menjadi self-promotor. Salah satu mitos terbesar tentang kesuksesan pribadi atau bisnis adalah, pada akhirnya bisnis Anda adalah kemampuan personal, produk atau jasa yang bisa dengan mudah ditemukan oleh orang banyak dan membuka pintu untuk membeli apa yang Anda jual. Nah, bagaimana ini semua bisa terjadi apabila, mereka tidak mengetahui siapa Anda dan mengapa mereka harus membeli? Promosi diri adalah salah satu yang paling menguntungkan. Namun, hal ini paling kurang dimanfaatkan oleh sebagian besar pemilik bisnis rumahan miliki.

8.      Memproyeksikan citra bisnis yang positif.  Mungkin Anda lewatkan, sebuah kesan positif dan mengesankan terhadap orang-orang yang berniat untuk melakukan bisnis. Pemilik bisnis rumahan, harus pergi keluar dan membuat upaya sadar untuk selalu memproyeksikan citra bisnis seprofesional mungkin. Sebagian besar pemilik bisnis rumahan, tidak memiliki keuntungan dari kantor rumit atau toko mewah dan ruang pamer bagi  pelanggan. Sebaliknya, itu bisa dioptimalkan dengan imajinasi, kreativitas dan perhatian detail saat membuat dan memelihara citra profesional untuk bisnis rumahan mereka.

9.      Kenali pelanggan Anda. Salah satu hal terbesar dan merupakan daya saing yang paling signifikan bagi pengusaha berbasis rumah, adalah  menawarkan perhatian pribadi. Sebut saja teknologi tinggi reaksi jika Anda mau. Tetapi pelanggan akan sakit dan lelah mendengar  informasi tersebut. Pemilik bisnis rumahan harus benar-benar dapat menjawab panggilan telepon untuk mengenal pelanggan dan memberikan perhatian pribadi kepada mereka. Ini adalah fakta yang diteliti sebagian besar bisnis (80 persen) datang dari pelanggan tetap bukan dari pelanggan baru. 

10.    Tingkat lapangan bermain dengan teknologi.
Anda harus menghindari terlalu terperangkap dengan teknologi tinggi. Tetapi Anda juga harus tahu bagaimana bisa mengambil keuntungan dan menggunakan teknologi internet misalkan. Salah satu aspek yang paling menakjubkan dari internet adalah, bahwa satu atau dua orang bisnis dengan memiliki website, bisa unggul $ 50 juta dibandingkan dengan yang tidak memanfaatkan teknologi. Pastikan Anda, menjaga dunia teknologi tinggi karena dapat membantu Anda dan lebih mengesankan.

11.    Membangun tim bisnis terkemuka.  Tidak ada satu orang dapat membangun bisnis yang sukses saja tanpa membutuhkan sebuah tim. Tim bisnis Anda mungkin termasuk anggota keluarga, teman, pemasok, aliansi bisnis, karyawan, sub-kontraktor, asosiasi industri dan bisnis, pemerintah daerah dan masyarakat. Tentu saja anggota tim yang paling penting akan menjadi pelanggan atau klien. 

12.    Menjadi dikenal sebagai seorang ahli. Bila Anda memiliki masalah yang perlu diselesaikan, maka harus mencari seorang ahli di lapangan untuk membantu memecahkan masalah tersebut, sehingga memperoleh informasi dan bantuan yang paling akurat. Untuk itu, Anda tentu mencari seorang ahli untuk membantu memecahkan masalah tersebut. Begitupun dengan Anda, semakin dikenal memiliki keahlian Anda dalam bisnis Anda, maka akan semakin banyak juga orang akan mencari Anda, baik itu keahlian Anda menciptakan lebih banyak penjualan dan peluang referral. Makanya tidak usah aneh, menjadi dikenal sebagai ahli, adalah prospek untuk bisnis baru. Akhirnya

13.    Menciptakan keunggulan kompetitif. Sebuah bisnis rumahan harus memiliki proposisi penjualan yang unik. Ini tidak lebih dari cara mewah untuk menanyakan pertanyaan penting, "Mengapa akan orang memilih untuk melakukan bisnis dengan Anda atau membeli produk dan jasa Anda, bukan melakukan bisnis dengan pesaing dan membeli produk mereka?"  Dengan kata lain, apa salah satu aspek atau kombinasi aspek yang bisa  memisahkan bisnis Anda dari pesaing? Apakah itu, layanan yang lebih baik, garansi lebih lama, pilihan yang lebih baik, jam kerja lebih lama, pilihan pembayaran yang lebih fleksibel, harga terendah, layanan pribadi dan lain sebagainya.

14.    Berinvestasi dalam diri Anda sendiri. Pengusaha dengan membeli, dan membaca bisnis melalui blog, majalah, laporan, jurnal, newsletter, dan lain sebagainya, akan meningkatkan pemahaman mereka tentang fungsi bisnis dan pemasaran yang Anda tawarkan. Mereka bergabung dengan asosiasi bisnis dan klub dan jaringan dan mereka jaringan yang bisa belajar rahasia sukses  dan membantu menentukan tujuan mereka. Singkatnya, pengusaha tidak pernah berhenti berinvestasi dalam bisnis yang paling kuat, efektif dan terbaik.

15.    Mudah dan Dapat diakses. Anda harus melihat pola yang berkembang bahwa membuat semudah mungkin bagi orang untuk melakukan bisnis dengan Anda. Anda harus tetap menyadari kenyataan, bahwa beberapa orang hanya bekerja keras. Mudahkanlah orang lain untuk melakukan bisnis dengan Anda dengan mudahnya akses untuk mengetahui, produk, testimoni, cara bisnis dan hal-hal lain yang menyangkut pengetahuan tentang produk dan jasa. Anda harus mampu menyediakan pelanggan dengan apa yang mereka inginkan ketika mereka menginginkannya.

Artikel ini telah dikutip dari entrepreneur oleh James Stephenson