Twitter dan Facebook Untuk Promosi Bisnis Online
Menurut, penelitian Semiocast, lembaga riset media sosial
yang berpusat di Paris, Prancis, seperti dikutip Tempo, jumlah pemilik akunTwitter di Indonesia merupakan yang terbesar kelima di dunia dengan jumlah akun
19,5 juta. Disusul oleh setelah Inggris
Raya dengan 23,8 juta akun. Sementara untuk peringkat satu sampai tiga
ditempati oleh Amerika Serikat dengan 107,7 juta, Brasil dengan 33,3 juta, dan
Jepang 29,9 juta akun.
Semiocast juga mengeluarkan hasil riset yang menyebutkan, bahwa tweet berbahasa Melayu menguasai 6,4 persen keseluruhan tweet yang di-posting. Ini menempatkan bahasa Melayu pada urutan kelima bahasa yang paling banyak digunakan untuk ''nge-tweet''setelah bahasa Inggris, Jepang, Portugis, dan Spanyol.
Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Aswin Sasongko di Surabaya seperti dikutip Antara, pengguna Facebook Indonesia mencapai 43, 06 juta dan merupakan tertinggi ketiga di dunia.
Semiocast juga mengeluarkan hasil riset yang menyebutkan, bahwa tweet berbahasa Melayu menguasai 6,4 persen keseluruhan tweet yang di-posting. Ini menempatkan bahasa Melayu pada urutan kelima bahasa yang paling banyak digunakan untuk ''nge-tweet''setelah bahasa Inggris, Jepang, Portugis, dan Spanyol.
Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Aswin Sasongko di Surabaya seperti dikutip Antara, pengguna Facebook Indonesia mencapai 43, 06 juta dan merupakan tertinggi ketiga di dunia.
Situs jejaring sosial tersebut
menarik dan sudah menjadi budaya di masyarakat Indonesia. Tidak hanya kalangan
remaja, Facebook juga diminati oleh bapak-bapak atau ibu-ibu. Banyaknya
pengguna Facebook didominasi oleh masalah sosial dan masyarakat Indonesia
memang seperti itu. Kami melihatnya kesana, hampir semuanya dipengaruhi faktor
sosial," paparnya.
Melihat jumlah pemilik
akun twitter dan facebook, maka peluang untuk mempromosikan bisnis online
melalui jejaring social sangat prospek. Bahkan, dengan mudah, cepat dan
fleksibel, bisnis yang tengah ada lakukan, bias cepat dipromosikan dalam tempo
sekian detik. Banyak pemilik bisnis sudah mulai pemasaran bisnis mereka pada
website, dan banyak yang berhasil.
Salah satu tips yang
paling penting bagi setiap pemula di Twitter yang ingin menggunakan media
sosial platform sebagai alat pemasaran untuk bisnis mereka adalah, Anda perlu mencari orang yang mungkin tertarik
pada bidang usaha Anda. Anda mungkin
akan mengiklankan bisnis Anda dengan orang yang tidak tertarik sama sekali. Ini
berarti bahwa Anda akan menggunakan waktu dan uang Anda untuk mencapai pemirsa
potensial Anda, tetapi Anda tidak akan mencapai apa-apa.
Oleh karena itu, apabila
anda menginginkan proses bisnis Anda, gunakanlah kedua media ini sebagai tempat
promosi. Bila belum memiliki bisnis, mulailah wirausaha online.