Twitter dan Facebook Untuk Promosi Bisnis Online


Dunia internet sudah semakin memudahkan wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya. Salah satunya dengan twatwit di twitter dan membuat status di facebook. Kedua jejaring sosial ini, menjadi momok menakutkan bagi Negara luar.


Menurut, penelitian Semiocast, lembaga riset media sosial yang berpusat di Paris, Prancis, seperti dikutip Tempo, jumlah pemilik akunTwitter di Indonesia merupakan yang terbesar kelima di dunia dengan jumlah akun 19,5 juta. Disusul oleh  setelah Inggris Raya dengan 23,8 juta akun. Sementara untuk peringkat satu sampai tiga ditempati oleh Amerika Serikat dengan 107,7 juta, Brasil dengan 33,3 juta, dan Jepang 29,9 juta akun.

Semiocast juga mengeluarkan hasil riset yang menyebutkan, bahwa tweet berbahasa Melayu menguasai 6,4 persen keseluruhan tweet yang di-posting. Ini menempatkan bahasa Melayu pada urutan kelima bahasa yang paling banyak digunakan untuk ''nge-tweet''setelah bahasa Inggris, Jepang, Portugis, dan Spanyol.

Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Aswin Sasongko di Surabaya seperti dikutip Antara, pengguna Facebook Indonesia mencapai 43, 06 juta dan merupakan tertinggi ketiga di dunia.

Situs jejaring sosial tersebut menarik dan sudah menjadi budaya di masyarakat Indonesia. Tidak hanya kalangan remaja, Facebook juga diminati oleh bapak-bapak atau ibu-ibu. Banyaknya pengguna Facebook didominasi oleh masalah sosial dan masyarakat Indonesia memang seperti itu. Kami melihatnya kesana, hampir semuanya dipengaruhi faktor sosial," paparnya.

Melihat jumlah pemilik akun twitter dan facebook, maka peluang untuk mempromosikan bisnis online melalui jejaring social sangat prospek. Bahkan, dengan mudah, cepat dan fleksibel, bisnis yang tengah ada lakukan, bias cepat dipromosikan dalam tempo sekian detik. Banyak pemilik bisnis sudah mulai pemasaran bisnis mereka pada website, dan banyak yang berhasil.

Salah satu tips yang paling penting bagi setiap pemula di Twitter yang ingin menggunakan media sosial platform sebagai alat pemasaran untuk bisnis mereka adalah,  Anda perlu mencari orang yang mungkin tertarik pada bidang usaha Anda.  Anda mungkin akan mengiklankan bisnis Anda dengan orang yang tidak tertarik sama sekali. Ini berarti bahwa Anda akan menggunakan waktu dan uang Anda untuk mencapai pemirsa potensial Anda, tetapi Anda tidak akan mencapai apa-apa.

Oleh karena itu, apabila anda menginginkan proses bisnis Anda, gunakanlah kedua media ini sebagai tempat promosi. Bila belum memiliki bisnis, mulailah wirausaha online.